faktasidik.com_PAGARALAM -- Keluhan soal kualitas air PDAM muncul dari berbagai wilayah di Pagaralam dan sekitarnya Misalnya dari warga talang jelatang Kelurahan Sidorejo kecamatan Pagaralam Selatan. Mereka mengeluhkan air yang keruh.
Salah satu warga, Yupkresna mengatakan, sudah beberapa waktu belakangan air yang mengalir ke rumahnya keruh. Air tersebut dinilainya tidak layak untuk mandi apalagi dikonsumsi, mengingat saat ini bulan Suci Ramadhan bahkan untuk dipakai sebagai Air Wudhu sangat meragukan, pada Sabtu (25/3/2023) saat menghubungi pihak media.
Air itu, ucap Kresna, juga tampak seperti kopi susu berwarna cokelat. Sebagai warga pengguna Utama Air bersih PAM itu,mengaku sampai harus membeli air galon untuk sedikit memenuhi kebutuhannya."ujarnya.
“Tapi pagi saya menggunakan 10 air galon untuk memasak dan mandi,” ujarnya.
“Maunya kami sebagai Warga pengguna PAM kalau ada gangguan seperti ini pihak PAM langsung lakukan perbaikan dan beri informasi ke warga masyarakat sebelumnya. Dan ini sudah berlangsung beberapa minggu terakhir ini hingga memasuki Bulan suci Ramadan Air PAM keruh seperti di poto dan Vidio ini. Di kampung kami talang jelatang khususnya Air PAM keruh. Padahal kita sebagai konsumen pembayarannya lancar terus,” keluhnya.
“Air hanya mengalir dari Jam 18.00 Wib malam itupun kadang mati sampai pagi, kadang mengalir kadang tidak, kenapa tidak Mengalir 24 Jam.” katanya.
Untuk keperluan sehari-hari Krisna terpaksa menampung air Hujan pada dini hari itupun kalau hujan pada malam harinya.
Keluhan juga datang dari warga Dempo Selatan, Yazul beberapa waktu lalu juga sempat mendatangi kantor PDAM kota Pagar Alam bersama warga lainnya untuk mengadukan terkait keluhannya, yang hampir beberapa bulan air PAM yang mereka butuhkan sehari-hari, tidak kunjung mengalir kerumahnya dan warga lainnya.
"Sebenarnya kita sudah sangat kesal pak, air PAM ini, ngak ada airnya, coba pikirkan keluhan masyarakat buat pihak yang merasa ada tanggung jawabnya, masa berbulan - bulan, bahkan hampir setiap tahun seperti ini terus."keluh Yazul
Menjawab hal tersebut Kepala Dinas PUPR Yudianto Latif ST dihubungi awak media menjelaskan, diharapkan pada Masyarakat Kota Pagaralam Untuk mendapatkan Informasi untuk Pelayanan Umum seperti Keluhan PAM dan Lampu jalan dapat mengikuti IG PUPR kota pagaralam." Jelas Yudi.
“Terkait keluhan Warga Talang jelatang dan sekitarnya, Kemarin itu gara-gara ada longsor di air Putih dan ini terjadi dua kali longsor akibatnya Air yang terkena longsor itu masuk ke pipa - Pipa Penyalur untuk kebutuhan Air bersih pada Warga mengalami keruh seperti kopi susu, dan keruh kehitaman."jelasnya.
Akibat ada longsor di Imteknya, akibatnya setelah di sambungkan Air jalan sistem Gratitasi yang masuk ke pipa penyalur tudak dapat di bersihkan, namun mudah-mudahan dua atau tiga hari ke depan Air PAM sudah normal kembali." jelas Kepala Dinas PUPR Kota Pagaralam Yudianto.
(Laporan : 09-Pai/editor : Ali)